SMPN 1 Kuala Cenaku Peringkat Pertama Hasil Nilai UAS di Inhu

SMPN 1 Kuala Cenaku Peringkat Pertama Hasil Nilai UAS di Inhu
Kadisdikbud Inhu, H. Ujang Sudrajat SP, M.Si
INHU – SMPN 1 Kuala Cenaku berada diperingkat pertama berdasarkan rata-rata sekolah atas hasil Ujian Akhir Sekolah (UAS) tahun 2017. Bahkan, tiga besar nilai tertinggi hasil UAS SMP sederajat lebih dominan sekolah asal Kecamatan Kuala Cenaku. Baru diurutan ketiga sekolah asal Kecamatan Lubuk Batu Jaya.
 
Sesuai urutannya yakni SMPN 1 Kuala Cenaku, SMP Satu Atap Tanjung Sari dan urutan ketiga MTs Pondok Pesantren (PP) Nurul Huda Lubuk Batu Jaya. Bahkan, SMPN 1 Kuala Cenaku lebih mengungguli untuk mata pelajaran Matematika yang mencapai 77,62.
 
“Peringkat ini berdasarkan rata-rata sekolah dari hasil nilai tertinggi per mata pelajaran pasca UAS beberapa waktu di 89 sekolah se Kabupaten Inhu. Hendaknya peringkat ini dapat menjadi ajuan bagi setiap sekolah lainnya untuk lebih giat lagi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Inhu H Ujang Sudrahat SP, M.Si melalui Ketua UAS SMP sederajat Syfarudin M.Pd.
 
Dijelaskannya, peringkat nilai tertinggi yakni SMPN 1 Kuala Cenaku mencapai 260,15, SMP Satu Atap Tanjung Sari mencapai 258,72 dan diurutan ketiga yakni MTs PP Nurul Huda yakni 257,94. Sedangkan SMPN 1 Rengat sebagai salah satu sekolah favorit hanya berada diurutan ke empat dengan jumlah rata-rata nilai 255,07.
 
Memang sebutnya, Kecamatan Kuala Cenaku untuk tahun pelajaran ini sepertinya prestasi pendidikan meningkat dibanding beberapa tahun belakangan ini. “Di sepuluh besar jumlah rata-rata per mata pelajaran itu juga ada SMPN 2 Kuala Cenaku dan MTs Hidayatullah Kuala Cenaku,” ungkap Syafrudin Mpd yang juga Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar pada Disdikbud Inhu.
 
Namun ketika dilihat dari per mata pelajaran, masing-masing sekolah lainnya juga unggul. Hanya saja, pada mata pelajaran lainnya tidak dapat mendongkrak peringkat. Seperti SMPN 1 Rengat raih nilai tertinggi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni 75,61.
 
Kemudian, MTs Nurul Iman Rengat raih nilai tertinggi untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nilai 79,71. Begitu juga pada mata pelajaran IPA, MTs Nurul Iman Rengat juga unggul dengan nilai 72,26. Sedangkan dalam peringkat rata-rata sekolah berada diurutan ke 17 akibat nilai dua mata pelajaran lainnya tidak mendukung.
 
Lebih jauh disampaikannya, rata-rata kelulusan pelajar SMP sederajat tahun ini mencapai 99,98 persen dari sebanyak 7.181 orang peserta UAS. “Ada dua orang pelajar di SMPN 1 Rengat Barat yang tidak lulus,” terangnya. 
 
 
 
 
Sumber: swarainhu

Berita Lainnya

Index